Berita  

Wapres: Bangsa Indonesia Kehilangan Orang Baik dan Banyak Jasa untuk Bangsa dan Negara

Wapres: Bangsa Indonesia Kehilangan Orang Baik dan Banyak Jasa untuk Bangsa dan Negara

Jakarta – Jurnal Hukum Indonesia.- Setibanya di Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta usai melakukan kunjungan kerja di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin langsung menyambangi Masjid Quba di kompleks Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) di Jl. Jenderal Sudirman No. 69, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, untuk menyalatkan jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo, Jumat sore (01/07/2022).

Usai memimpin salat jenazah dan mendoakan almarhum Tjahjo Kumolo, Wapres pun turut mengucapkan duka cita mendalam atas wafatnya almarhum kepada pihak keluarga. Ia pun berdoa semoga keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberikan kesabaran dan ketabahan atas musibah ini.

“Kita kehilangan orang baik. Orang yang selama ini (banyak) mengabdi kepada bangsa dan negara. Sebelumnya beliau mengabdi sebagai Menteri Dalam Negeri dan sekarang Menpan RB,” ungkap Wapres saat memberikan keterangan pers kepada awak media di Kantor Kemenpan RB.

BACA JUGA :  Libur Lebaran, Pemkab Banyuwangi Tetap Buka Layanan Adminduk

Tidak hanya itu, Wapres menceritakan bahwa almarhum Tjahjo Kumolo semasa hidupnya merupakan seorang pekerja keras dalam setiap tugasnya.

“Dan yang saya tahu karena kebetulan beliau di bawah koordinasi saya tentang masalah reformasi birokrasi, beliau terus bekerja siang dan malam melakukan langkah-langkah reformasi birokrasi untuk membangun sistem (dan) melakukan perubahan-perubahan besar,” tuturnya.

Bahkan, sambung Wapres, meskipun sudah dalam keadaan sakit almarhum Tjahjo Kumolo tetap berkomunikasi dengan Wapres dan rajin memberikan laporan.

“Dalam beberapa waktu lalu, meskipun dalam keadaan sakit, saya selalu berkomunikasi dengan beliau. Dan beliau rajin memberikan laporan-laporan dalam bentuk buku. Seperti di sidang kabinet selalu memberikan buku kepada Presiden dan saya. Jadi report-nya dibuat dalam bentuk buku-buku tebal,” paparnya.

BACA JUGA :  Terbongkar, Lampu Traffic Light Tidak Diperbaiki Oleh Dinas Perhubungan Begini Penjelasanya

Bahkan, pada Selasa (28/06/2022) Wapres masih menghadiri acara Penandatanganan Nota Kesepahaman Percepatan Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik (MPP) di kantor Kemenpan RB yang diinisiasi almarhum. Namun menurutnya, saat itu Menpan RB tidak hadir karena sakit dan harus dirawat di rumah sakit.

“Beliau dalam keadaan sudah agak sakit, tetapi masih sempat menyelenggarakan pertemuan koordinasi antarkementerian dan lembaga, gubernur dan walikota dalam rangka mempercepat (pengembangan) MPP,” pujinya.

Terakhir, sekali lagi Wapres menegaskan bahwa almarhum Tjahjo Kumolo adalah orang baik dan banyak jasanya untuk bangsa dan negara. Hingga hari ini Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa memanggil almarhum kembali ke haribaan-Nya.

“Karena itu kita doakan mudah-mudahan amal baiknya diterima oleh Allah SWT dan saya yakin beliau orang baik dan banyak jasanya pada bangsa dan negara,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Sinergitas TNI-POLRI Dan Pemkab Sampang Bantu Bersihkan Pohon Tumbang Di Ponpes Nurul Alam Prajjan Camplong

Sebagai informasi, Menpan RB Tjahjo Kumolo hari ini, Jumat (01/07/2022) sekitar pukul 11.10 WIB meninggal dunia di Rumah Sakit Abdi Waluyo Jakarta karena sakit. Di hari yang sama, usai dimandikan dan disemayamkan di rumah duka di Jalan Widya Chandra IV, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo disalati di Masjid Quba Kompleks Kemenpan RB yang langsung dipimpin oleh Wapres Ma’ruf Amin. Selanjutnya, setelah melalui prosesi upacara serah terima jenazah dari keluarga kepada negara di Kantor Kemenpan RB, jenazah Menpan RB Tjahjo Kumolo dibawa ke Taman Makam Pahlawan Kalibata untuk dimakamkan secara militer.

Tinggalkan Balasan