Berita  

Waspada DBD di Musim Penghujan, Dinkes Bangkalan Ingatkan 3M

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Waspada DBD di Musim Penghujan, Dinkes Bangkalan Ingatkan 3M

Bangkalan — Jurnal Hukum Indonesia.–

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangkalan meminta warga untuk mewaspadai potensi penyakit demam berdarah dengue (DBD) menyusul datangnya musim hujan. Sampai dengan Desember ini total warga yang terserang DBD ada sebanyak 137 orang dengan dua diantaranya meninggal dunia.

Kepala Seksi Pencegahan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Bangkalan, Mariamah mengatakan, pada tahun lalu total ada sebanyak 140 kasus DBD dengan nol pasien meninggal dunia. Oleh karenanya kewaspadaan masyarakat harus ekstra untuk mencegah.

“layanan tetap kami berikan lewat sosialisasi baik kepada masyarakat atau kepala Puskesmas agar potensi penyakit ini bisa dicegah, apalagi dengan masuknya musim hujan,” katanya.

BACA JUGA :  Wapres Dorong Manfaatkan Presidensi G20 untuk Tawarkan Ekonomi Syariah Solusi Pemulihan Ekonomi Global

Menurut Mariamah, cara paling mudah untuk mencegah DBD adalah dengan menerapkan 3M. Yakni menguras wadah berisi air, menutup rapat tempat penampung air, dan memanfaatkan barang bekas yang memiliki nilai ekonomi.

“Mari lindungi keluarga kita, terutama anak-anak, agar senantiasa selalu berhati-hati. Nyamuk Aedes Aegypti dapat kita cegah selama kita selalu menjaga lingkungan kita dan menerapkan 3M,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan