Berita  

Yuk, Cari Tahu Jika Email Sudah Dibaca Oleh Penerima

Avatar of Jurnal Hukum Indonesia
Yuk, Cari Tahu Jika Email Sudah Dibaca Oleh Penerima

Surabaya — Jurnal Hukum Indonesia.- E-mail atau yang biasa disebut dengan surat elektronik adalah sebuah aplikasi yang dirancang guna memudahkan kita dalam mengirimkan sebuah pesan, dokumen, gambar, dan lain sebagainya. Sistem kerja e-mail sama dengan aplikasi chatting Whatsapp. Kedua aplikasi ini sama-sama digunakan untuk saling bertukar pesan dengan orang lain yang memiliki jarak cukup jauh dengan keberadaan kita. Namun sayangnya pesan yang dikirimkan melalui e-mail tidak memiliki tanda baca, seperti apa yang ada di Whatsapp.

Hal ini tentunya cukup membuat repot bagi sebagian orang. Karena ada beberapa orang yang membutuhkan tanda baca penerima untuk memastikan apakah e-mail yang dikirim benar-benar tersampaikan. Dan jika memang benar-benar sudah tersampaikan dan terbaca, hal ini tentu membuat lega. Karena kita jadi tahu bahwa pesan yang kita kirim benar-benar tersampaikan dengan aman dan tidak mengalami gangguan.

BACA JUGA :  Hasil Survei LSI Terkait Kepercayaan Masyarakat kepada Penegak Hukum Polri Masih Peringkat Tertinggi

Tapi sekarang ini kamu tidak perlu khawatir lagi. Karena ternyata ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk melacak apakah seorang penerima telah membaca e-mail yang kita kirim atau tidak. Mau tahu bagaimana caranya? Simak penjelasannya dibawah ini yah!

Untuk kamu pengguna Microsoft Outlook, sebenarnya sudah tersedia fitur tanda terima baca email dalam perangkat lunak tersebut. Hal yang perlu dilakukan hanyalah tinggal menyalakannya. Kemudian untuk caranya, yaitu: Buka file, kemudian pilih opsi. Lalu pengguna bisa memilih Mail. Dibawah Tracking, pilih Delivery Receipt yang mengkonfirmasi pesan dikirim ke server email penerima atau Read Receipt yang mengkonfirmasi penerima melihat kotak centang pesan. Kemudian klik OK dan pengguna pun siap melakukannya,

BACA JUGA :  Kapolri Minta Jajaran Fokus Cegah Lonjakan Covid-19 saat Nataru dan Antisipasi Gangguan Kamtibmas

Sementara itu bagi pengguna Gmail, sebenarnya Google juga telah mengizinkan pelacakan email. Tetapi sayangnya fitur ini hanya tersedia untuk mereka yang berada dibawah program G Suite saja. Kemudian untuk caranya, yaitu: Tulis email baru di Gmail. Pada bagian bawah jendela Write, klik More, kemudian Request Read Receipt. Setelah selesai menulis email, kemudian tekan kirim dan anda akan diberi tahu ketika email yang kamu kirim telah dibaca.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk melacak apakah email yang kamu kirimkan sudah terbaca atau belum. Cara-cara tersebut cukup mudah untuk dilakukan bukan? Kamu bisa menggunakannya dimana pun dan kapan pun jika kamu membutuhkannya.

Tinggalkan Balasan